Sejarah Kemeja Flannel yang Jarang Diketahui

Mate, banyak fashion experts yang setuju kalau baju berbahan flannel dengan motif kotak – kotak adalah salah satu fashion abadi, aman, dan paling mudah untuk dipadu padankan. Bagi para millennials yang anti ribet tapi mau terlihat fashionable, baju berbahan flannel adalah pilihan yang tepat. Namun, ternyata dulu orang – orang memakai baju berbahan flannel bukan untuk terlihat fashionable loh.

Dalam hirearki umur jenis kain, kain flannel merupakan jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Dulu, baju berbahan flannel dipilih karena fungsinya. Jenis kain yang dibuat dari serat wol membuat baju terasa hangat sehingga memudahkan para penebang pohon di Amerika Utara untuk tetap bekerja dalam jangka waktu yang lama di dalam cuaca dingin. Saat itu, baju berbahan flannel dengan motif kotak – kotak diidentikkan dengan para pekerja kasar, pekerja lapangan, terutama petani, gembala, pekerja tambang, penebang pohon, dan mereka yang bekerja di luar ruangan. Tidak hanya karena fungsinya untuk menjaga kehangatan, daya tahan dan kemudahannya untuk dicuci menjadi alasan mengapa kain flannel dipilih.

Pada tahun 1963, baju berbahan flannel dengan motif kotak-kotak dipopulerkan oleh The Beach Boys dalam peruncuran album terbaru mereka “Surfer Girl”. Di awal tahun 1990-an, Grup band Nirvana dan Pearl Jam mengubah pilihan fashion anak – anak muda dari jaket kulit menjadi kemeja berbahan flannel yang dipadukan dengan celana jeans, sepatu boots atau sneakers.

Sekarang, untuk menyesuaikan kondisi dan kebutuhan para millennials, kain flannel di buat lebih tipis dan ringan sehingga dapat digunakan di cuaca hangat sekalipun. Bahan dasar katun dengan fabric polyester menjadi kombinasi pilihan bahan kemeja kain flanel.

Begitulah sneak peek kilas balik kain flannel, pals. Kain flannel yang dulunya identik dengan kaum pekerja kasar sekarang sudah digunakan oleh berbagai kalangan. Untuk pals yang memilih memakai baju berbahan flanel, kalian bisa loh menggunakan semangat para pekerja jaman dulu yang menggunakan baju flanel untuk lebih semangat lagi kerjanya. Karena semangat kerja adalah koentji kesuksesan, pals!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.