Peran Coworking Space Mengubah Cara Kerja Generasi Muda

Kita hidup dimana tren startup digital hadir sebagai salah satu peluang bisnis baru yang menjanjikan. Menurut sebagian orang khusunya generasi Millenial, bekerja di kantor korporat konvensional dari jam 9 hingga 5 pagi bukanlah hal yang menarik lagi. Para millenial lebih tertarik untuk bekerja secara mobile dimana saja. Hal tersebutlah yang menginisiasi menculnya Coworking Space.

Apa itu coworking space? Adalah sebuah tempat kolaborasi berkonsep seperti kantor, namun berisi dari pekerja yang berasal dari perusahaan atau organisasi yang berbeda. Cara ini membuat kamu menjadi lebih mudah untuk menjalin relasi dan koneksi ke lebih banyak orang dengan lebih cepat. Kamu akan menemui orang-orang yang berbeda setiap harinya dari berbagai macam background.

Siapa saja yang bekerja di coworking space? Semua jenis pekerja ada di sini, mulai dari wirausaha, freelancers, influencers, orang-orang di bidang creative, atau bahkan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugasnya juga ada.

Schraubenfabrik disebut-sebut sebagai pionir coworking space pertama di dunia, ruang kerja seorang wirausahawan di Austria tersebut menjadi yang pertama mengusung konsep coworking space di dunia. Di indonesia sendiri, coworking space pertama lahir di Bandung. Diinisiasi oleh Forum Web Anak Bandung (FOWAB) pada tahun 2010 dengan nama Hackerspace.

Bisnis coworking space di Indonesia telah berkembang pesat. Hampir di setiap kota besar di Indonesia memiliki coworking space, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Padang, Bandung, hingga Bali.

Sebuah website DailySocial melakukan survei bersama dengan Jakpat Mobile Survey Platform untuk mencari tahu lebih dalam mengenai fenomena coworking space. Dari survei yang dilakukan terhadap 1617 responden, ditemukan beberapa fakta menarik, di antaranya:

Sebanyak 67% responden cukup akrab dengan coworking space, mayoritas mendefinisikan sebagai sebuah tempat khusus untuk bekerja.
Mayoritas responden, atau tepatnya 90%, mengonfirmasi bahwa pekerjaannya bisa diselesaikan di coworking space (tidak harus di kantor).
Selain lokasi yang strategis (79%), fasilitas (67%) dan lingkungan (42%) menjadi faktor di balik pemilihan coworking space sebagai tempat untuk bekerja.

Dari survey tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa coworking space mampu mengambil peran dalam mengubah cara kerja para millenials di era modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.