Mengenal Gaya Hidup Minimalis dan Langkah Mudah Menerapkannya

Jika kita mendengar istilah minimalis, seringkali kita akan mengasosiasikan istilah tersebut dengan desain interior, arsitektur, ataupun musik. Namun, minimalis tidak terbatas pada hal-hal tersebut, loh. Gaya minimalis juga dapat diterapkan dalam hal gaya hidup atau lifestyle.

Gaya hidup minimalis dipelopori oleh masyarakat Jepang dengan slogan “Less Is More” yang menjadi pedomannya. Terinspirasi dari gaya hidup Buddhisme Zen yang ‘melawan’ arus konsumerisme dalam gaya hidup masyarakat dengan membatasi diri dalam hal membeli, mengkonsumsi ataupun memiliki.

Menurut opini kami di SakuBasic, gaya hidup minimalis adalah saat kita menerapkan hidup dengan cara yang sederhana dan sarana serta prasarana yang minimal namun berkualitas.

Kalau menurut KBBI, minimalis itu berkenaan dengan penggunaan unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik.

Intinya sih sama, namun minimalist lifestyle ini akan terbentuk dengan mindset yang kuat karena memang itulah asal muasalnya. More like, it comes from your mindset. Saat memilih menjalani gaya hidup ini, kita harus keluar dari zona nyaman, merelakan apa yang kita miliki di dunia ini untuk ‘pergi’ atau ‘disingkirkan’.

Pada istilah yang lebih spesifik, penerapan gaya hidup minimalis lebih berfokus pada penggunaan barang-barang yang benar-benar berguna dan dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Esensi dari gaya hidup minimalis adalah mengurangi penggunaan barang secara berlebihan serta sikap boros untuk hidup yang lebih simple namun tetap berkualitas.

Nah, setelah mengetahui apa itu gaya hidup minimalis, berikut langkah mudah yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin mnerapkannya:

  1. Jangan malas merawat barang-barang yang kamu miliki
  2. Saat beli barang baru, singkirikan yang lama.
  3. Lebih baik membeli barang sedikit, tetapi dengan kualitas tinggi.
  4. Prioritaskan barang-barang yang kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari sebelum membelinya.
  5. Jangan pernah membeli ataupun menyimpan barang duplikat yang kamu telah miliki.

Nah, bagaimana pals? Tertarik untuk memulai gaya hidup minimalis? Selain akan menghemat keuangan kamu, gaya hidup minimalis akan membuat kamu menjadi lebih bersyukur akan godaan duniawi. hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.